Kamis, 03 April 2008

Ruh dan Psikospitual Islam


RUH DAN PSIKOSPIRITUAL ISLAM

Penulis: Dr. Abdul Mujib, M.Ag

Jakarta: Kencana Prenada Media, 2008

ISBN:979-3925-77-9

DESKIPSI

Dalam Bahasa Indonesia

Ruh yang menjadi esensi manusia dianggap sebagai amr rabbiy, yang siapa pun tidak memiliki pengetahuan kecuali sedikit (QS. al-Isra:85). Karena keberadaannya yang misteri itu justru menantang para peneliti untuk mengungkap lebih jauh apa dan bagaimana hakekatnya. Ibn Qayyim al-Jawziyyah (1292-1352) dalam karyanya “al-Rûh” telah mengungkap berbagai persoalan yang berkenaan dengan ruh dan fenomena ruhaniah. Pemikirannya tersebut menjadi lebih menarik ketika dikaitkan dengan diskursus psikologi, sebab perbedaan mendasar antara psikologi Barat dengan Psikologi Islam adalah masalah ruh. Karena struktur ruh mana bangunan psikologi akan menjadi berbeda, baik pada sisi paradigma maupun kontennya.

Dalam buku ini digambarkan bahwa ruh dalam pemikiran Ibn Qayyim al-Jawziyyah adalah jawhar basîth (substansi sederhana) berupa jisim ruhani yang hakekatnya berbeda dengan jisim yang dapat diindrai. Ruh menjalar ke seluruh tubuh manusia yang menjadikan kehidupan, gerak, merasa, dan kehendak. Ruh adalah substansi yang berdiri sendiri. Ia dapat naik dan turun, menyatu dan terlepas, keluar, pergi dan datang, bergerak dan diam dari jasad. Substansinya sama dengan nafs, sekalipun sifat-sifatnya berbeda. Ruh memiliki ruang dan waktu yang bersifat ruhaniah, tidak seperti ruang dan waktu yang terjadi pada jasad. Ruh itu abadi (tidak mati), sekalipun jasadnya hancur. Ruh itu baru yang dihembuskan bersamaan dengan penciptaan jasad. Ruh orang yang meninggal dapat mengetahui orang yang mengunjungi kuburnya, mampu berkomunikasi dengan sesamanya, selama ruh-ruh itu sama-sama shalih. Ruh ini dapat berkomunikasi dengan ruh orang yang masih hidup melalui mimpi. Ruh ini memiliki citra khusus yang dapat disifat. Ruh ini merasakan siksaan di alam kubur, sekalipun badannya hancur. Ruh ini bertempat di alam Barzakh (alam setelah kematian) yang terkadang mengunjungi jasadnya. Ruh tidak dapat dibagi-bagi, sekalipun sifatnya ada yang muthmainnah (tenteram), lawwamah (labil) dan ammarah (hina).

Implikasi pemikiran tentang ruh terhadap psikologi antara lain (1) Struktur kepribadian. Manusia terstruktur dari jasad, ruh, qalbu dan nafsu (syahwat yang memiliki sifat bahimiyah dan ghadhab yang memiliki sifat subuiyah). Kepribadian yang baik (muthmainnah) ketika diri dikuasai qalbu yang naturnya mengarah ke ruh, sedang kepribadian yang buruk (ammarah) ketika diri dikuasai nafsu dan setan yang naturnya cenderung ke jasad; (2) Kesehatan mental, psikopatologi dan psikoterapi. Kesehatan mental adalah kesehatan ruhaniah yang mana individu merasa tenang dan tentram dalam menjalankan perintah Allah Swt sehingga mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Sedang psikopatologi (qalb marîd) adalah penyakit hati yang mengganggu psikis dan kesucian diri manusia yang disebabkan oleh dosa dan maksiat, seperti iri, dengki, dendam, kufur dan syirik. Sedangkan psikoterapi (syifa’ al-qulûb) adalah obat hati yang dapat mengembalikan manusia sebagaimana fitrah asalnya dengan taubat, al-Qur’an dan meninggalkan perilaku buruk serta melakukan perilaku baik; (3) Paradigma Psikologi. Psikologi tidak saja berkaitan dengan masalah-masalah empirik-induktif tetapi juga metaempirik-deduktif berdasarkan wahyu ilahi;




Dalam Bahasa Inggris

Ruh as the essence of human nature is considered as a mystery (amr rabbi) that no one knows about it but little (QS. al-Isra`:85). Based on this point of view, many researchers have extensively studied the concept of ruh and its meaning. In his work al-Ruh, Ibn Qayyim al-Jawziyyah (1292-1352) studies many things about ruh and its phenomena. His thoughts about ruh are more interesting and inspiring when they are associated with psychological discourse. This is because the main difference between Western psychology and Islamic psychology lies in the concept of ruh. The concept of ruh makes Islamic psychology significantly different from that of Western psychology especially in terms of paradigms and contents.

The findings of the research indicate that ruh according to by Ibn Qayyim is a jawhar (substance) which appears in ruhiyyah domain (jisim ruhani) or non physical domain. Ruh functions in all parts of human body and it controls life, movement, emotions, and intentions. It is an independent substance capable increase or decrease as well as move out side or inside the body. Substantially, ruh is similar to nafs, but it differs in its characteristics. It remains eternal although its body has died. It is conferred at the time of body creation. The ruh of died person is able to identify whomever visits its graveyard and even to communicate with other righteous arwah of died persons. It can also communicate with the arwah of alive persons through dreams. The ruh can feel the punishment in the graveyard. It stays in the world of Barzakh and sometimes visits its body. The ruh it self cannot be divided, but its characteristics might be classified into nafs muthma`innah, nafs lawwamah, and nafs ammarah.

In sum, a psychological studies of Ibn Qayyim`s concept of ruh will deal with; (1) structure of personality. It consists of body, ruh, qalb (heart), and hawa nafs. Hawa nafs itself includes syahwah (the principle of bahimiyyah) and ghadhab (the principle of subu’iyyah). Serene self (nafs muthma`innah) is controlled by qalb that inclines to ruh, while tyrannical self (nafs ammarah) is controlled by hawa nafs and satan that inclines to body; (2) Mental health. Mental health is defined as a healthy ruh that makes an individual in peace and harmony while performing Allah’s commands for the sake of happiness in the present life and hereafter. Mental health includes psychopathology and psychotherapy. Psychopathology (qalb marîdh) is the heart diseases that disturb the human psyche and one’s self due to sins and unlawful actions, for instance, jealousy, revenge, kufr, and syirk. While psychotherapy (sifa’ al-qulub) is heart therapy that makes a person returns to his original state (fithrah) through repentance, reading al-Qur’an and avoiding bad actions and doing good ones; (3) psychological paradigm. It means that psychology is not only limited to empirical-inductive entities but also deals with metaphysical-deductive entities based on Allah revelation.


Bahasa Arab

الروح فى نظر ابن القيم الجوزية وأثرها فى ضمن السيكولوجيا

الروح باعتبارها ماهية إنسانية تمثّل أمرا إلهيا بحيث أنه لا يكن أىّ إنسان أن يعلم به إلا قليلا (سورة الإسراء: (85. ولما كان شأن الروح من الأمور الغريبة، فإنها تتحدّى الباحثين للكشف عنها بصورة أبعد، تعنى فما هى الروح وكيف تكون حقيقتها. فإن ابن القيم الجوزية قد كشف فى كتابه " الروح" عن القضايا التى تتعلق بالروح ومظاهرها. فإن هذه الفكرة تصبح أكثر جذبٍ كلما تم ربطها بضمن الشئون السيكولوجية (النفسية)، وهذا يرجع إلى فرق رئيسىّ وهو ما يسمى بالروح فيما بين السيكولوجيا الغربية والسيكولوجيا الإسلامية. وأساسا على التركيب الروحىّ يتم الفرق فى ضوء السيكولوجيا سواء كان من جهة الإطار الفكرى أم من جهة مادة البحث.

يصل الباحث من خلال هذه الدراسة إلى نتيجة تشير إلى أن الروح عند نظر ابن القيم الجوزية هى الجوهر البسيط فهو الذى يتمثل فى صورة روحية تختلف حقيقتها عن صورة جسمانية يتم حسّها. فإن الروح تدبّ إلى سائر أعضاء جسم الإنسان، فهى التى تخلق الحياة، والحركة، والشعور والإرادة، فالروح إذن هى الماهية القائمة بذاتها، وهى التى يمكن لها من الصعود والهبوط، والاتحاد والانفصال، والخروج، والانطلاق والقدوم، والحركة والسكون عن وسيلة الجسد. فكانت ماهية الروح تتساوى مع النفس رغم الاختلاف فيهما من الصفات، بحيث أن للروح مكانا وزمنا على صورة معنوية بخلاف المكان والزمان اللذين يتمان فى الجسد. فالروح إذن باقية لا تموت بفناء الجسد. والروح أمر جديد ينفخ و خَلْقَ الجسد. و يمكن لروح الموتى أن تتعرف على الزائرين لمقابرهم، وأن تتصل بعضها ببعض، ما دامت هذه الروح مقدسة. وكما يمكن للروح أن تتصل بالأحياء عَبْرَ عملية الأحلام. فيكون للروح مِيزة خاصة يمكن وصفها، فهى تشعر بالألم والتعذيب فى عالم القبور، رغم أن الجسد قد تم فناؤه. فتوجد الروح فى عالم البرزخ ( عالم ما بعد الموت ) وهى قد تزور جسدها، حيث أنها لا يمكن أن تتجزأ رغم من صفاتها ما تكون نفسا مطمئنة، وما تكون نفسا لوّامة وما تكون نفسا أمّارة.

وأما آثار مفهوم الروح فى ضوء السيكولوجا فهى ما يلى: التركيب الشخصىّ . إن الإنسان يتكون من الجسد، والروح، والقلب، والنفس ( الهوى الذى يتحلى بالصفات البهيمية، والغضب الذى يتحلى بالصفات السبعية). وإن الشخصية الشريفة (المطمئنة) هى النفس التى يسودها القلب الذى تتمثل طبيعته دائما فى الاتجاه إلى الروح، بيد أن الشخصية السيئة (الأمّارة) فهى النفس التى يسودها الهوى والشيطان فهما اللذان تتمثل طبيعتهما دائما فى الاتجاه والميل إلى الجسد أى المادة. و الصحة النفسية، والمرض القلبىّ وعملية معالجته أو شفاؤه. فتعتبر الصحة النفسية طريقا إلى الوصول إلى الصحة الروحية مما يشعر فيها كل امرئ بلاطمئنان والسكينة والراحة سبيل تطبيق أوامر الله عزّ وجلّ رغبةً فى الحصول على السعادة فى الدنيا والآخرة. فأما القلب المريض فباعتباره مرضا قلبيا يحول الحالة النفسية والنزاهة الشخصية تتيجةً عن المعاصى والآثام والذنوب، مثل الحسد، والضغن، والانتقام، والكفر، والشرك. وأما معالجة القلب أوشفاؤه فهو الدواء القلبى الذى يتمكّن من إعادة الإنسان إلى الفطرة الأولى من التوبة والإنابة، ومدارسة القرآن، والتخلّى عن الأعمال السيئة و التحلّى بالأعمال الصالحة. و الإطار الفكرى السيكولوجى. إن السيكولوجيا لا ترتبط بقضايا التجربية والاستقرائية فحسب، وإنما تشمل أيضا ما فوق الغيبية و الاستنتاجية التى تقوم أساسا على الوحى الإلهىّ


DAFTAR ISI

BAGIAN PERTAMA: PENDAHULUAN

BAGIAN KEDUA: IBNU QAYYIM AL-JAWZIYYAH DALAM DISKURSUS PSIKOLOGI (Kehidupan dan Karya Ibnu Qayyim al-Jawziyyah; Kondisi Sosio-psikologis di Zaman Ibnu Qayyim al-Jawziyyah; Kedudukan Ibnu Qayyim al-Jawziyyah dalam Diskursus Psikologi)

BAGIAN KETIGA: HAKEKAT RUH, NAFS DAN JASAD (Keabsahan Pembahasan Ruh; Pengertian Dasar Ruh dan Nafs; Pengertian Ruh dalam Al-Qur’an, Hadis dan Atsar; Pengertian Ruh menurut Para Ahli; Konklusi Pengertian Ruh Menurut Ibnu Qayyim).

BAGIAN KEEMPAT: KEKEKALAN DAN KEBARUAN PENCIPTAAN RUH (Kekekalan Penciptaan Ruh; Kebaruan Penciptaan Ruh)

BAGIAN KELIMA: KEADAAN RUH SETELAH KEMATIAN JASAD (Keadaan Ruh di Alam Kubur; Komunikasi Ruh Orang Yang Mati dan Yang Hidup; Perolehan Manfaat Ruh Setelah Kematian Jasad; Pertanyaan dan Pahala-siksa Ruh di Alam Kubur).

BAGIAN KEENAM: KLASIFIKASI DAN KARAKTER RUH (Klasifikasi Ruh; Karakter Ruh).

BAGIAN KETUJUH: KONSEP RUH DALAM KONTEKS PSIKOLOGI KEPRIBADIAN (Pengertian Struktur Kepribadian; Teori Struktur Kepribadian dan Dinamikanya Menurut Psikolog; Ruh sebagai Struktur Kepribadian dan Dinamikanya).

BAGIAN KEDELAPAN: KONSEP RUH DALAM KONTEKS KESEHATAN MENTAL, PSIKOPATOLOGI DAN PSIKOTERAPI (Kesehatan Mental; Psikopatologi; Psikoterapi).

BAGIAN KESEMBILAN: KONSEP RUH DALAM KONTEKS PARADIGMA PENGEMBANGAN PSIKOLOGI (Paradigma Skriptualis dalam Membangun Psikologi; Pola Bangunan Psikologi Islam)

BAGIAN KESEPULUH: PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ass, saya tertarik dengan buku ini, dimana saya bisa membeli atau mendapatkan buku bagus ini

untuk ibu pertiwi mengatakan...

afwan ust.....saya berkenan utk membeli buku antum gmn caranya ya ust???